KARISMA DAPAT DIPELAJARI

posted in Kepemimpinan

Dulu, orang selalu berpikir, bahwa Pemimpin Karismatik (berkarisma) itu dilahirkan. Tetapi bukti-bukti terakhir menyatakan yang sebaliknya. Bahwa, seseorang dapat dilatih untuk mememiliki dan menunjukkan kualitas dan perilaku karismatik. Beberapa kualitas dan perilaku karismatik yang bisa nampak dari diri seorang pemimpin:

  1. Menampakkan kehadiran diri yang kuat, percaya diri, dan selalu dinamis.
  2. Menciptakan dan menyampaikan visi yang jelas dengan jelas. Menentukan cara-cara yang kongkrit untuk mencapai visi tersebut kepada orang lain, sebab berhasil atau tidaknya visi bukan hanya soal apakah pemimpin memiliki visi pribadi atau tidak, tetapi juga kemampuannya mendorong orang lain ikut serta di dalamnya.
  3. Mengkomunikasikan harapan kinerja yang tinggi pada orang lain, dan mempercayai kemampuan orang lain untuk memenuhinya. Menyatakan secara tegas bagi individu dan kelompok tentang kualitas diri yang diharapkan, dan mampu menunjukkan keyakinan bahwa, sasaran itu (kualitas diri itu) dapat dicapai.

Tiga (3) langkah penting yang dapat diikuti, agar seseorang bisa menjadi karismatik (pemimpin karismatik):

  1. Memelihara pandangan optimis, memiliki semangat dan gairah, untuk membangkitkan antusiasme kehidupan. Jangan hanya hidup dengan semboyan-semboyan positif saja, tetapi bersemangat dan bergairahlah untuk melakukan semboyan itu secara nyata dalam kehidupan.
  2. Dorong dan tariklah orang lain untuk mengikuti.
  3. Menunjukkan perilaku karismatik: dalam berbicara dengan orang lain memelihara kontak mata secara langsung; menjaga postur tubuh yang baik; berbicara yang jelas, hindari kegagapan dan hindari menghambur-hamburkan kalimat dengan frasa yang tidak bermuatan, seperti "emmm" dan "apa..apa..". (hdh)

Salam sukses dari Binawarga.