PEMIMPIN setengah PEMIMPIN

posted in Leadership

2 hal penting yang menjadi tugas dan nafas seorang pemimpin adalah, mencapai target bisnis dan fungsi mengelola manusia. Hanya menjalankan salah satunya, mencapai target bisnis saja atau fungsi mengelola manusia saja, akan membuat seorang pemimpin baru menjadi "setengah pemimpin".

Seorang pemimpin harus mau dan mampu menjalankan 2 (dua) tugas dan nafasnya sebagai seorang pemimpin, yaitu mencapai target bisnisnya dan fungsi mengelola manusia, walaupun banyak kita jumpai, pemimpin yang kualitasnya memang baru "setengah pemimpin". Fenomena pertama, mereka sekedar berorientasi pada bisnis dan profit saja, tapi kedekatan dan hatinya jauh dari timnya (manusianya). Fenomena kedua, seorang pemimpin sangat dekat dengan timnya (manusianya), tapi tidak pernah berorientasi pada bisnis dan profit (tidak pernah berpikir dan mencapai target). Entah karena kompetensinya kurang atau karena motivasinya tidak kuat.

Apa yang membuat Anda pantas disebut sebagai pemimpin?

Pemimpin berarti Anda memiliki anak buah (manusia sebagai pengikut). Pengikut berarti mengikuti Anda. Problemnya, jika Anda merasa memiliki pengikut, tetapi mereka tidak mengikuti Anda, berarti mereka bukan pengikut Anda. Apakah Anda masih layak disebut pemimpin?

Pemimpin berarti Anda harus memiliki target bisnis yang harus dicapai. Problemnya, jika target bisnis hanya tertulis dalam buku dan notulen rapat, serta hanya dijadikan hiasan (tanda sebuah komitmen) yang dipajang di reception/lobby, di ruang rapat, di kantin, layaknya sebuah lukisan pemandangan, hambar, dan kurang memotivasi. Apakah Anda masih layak disebut pemimpin?

Pemimpin dan kepemimpinan tidak hanya dinilai dari soal mencapai target semata. Sukses pemimpin dan kepemimpinan juga dinilai dari seberapa besar Anda telah mengubah manusia (pengikut) dari manusia yang biasa menjadi manusia yang luar biasa. Pemimpin unggul dan efektif tahu menggarap manusia dan bisnisnya secara sinergis dan simultan. Mampu mengelola 2 (dua) fokus bersama-sama, fokus pada bisnis dan manusia.

"Jika pemimpin berhasil mengelola manusia, ia akan mudah mengelola pekerjaan dan mencapai target bisnisnya" (C. Maxwel)

Salam pengembangan manusia ekselen (hdh)